Tips Diet Cepat Antara Fakta Dan Mitos

Advertisement

Tips diet cepat antara mitos dan fakta yang berkembang dalam pemahanan masyarakat akan kita bahas satu persatu disini, jadi kita bisa mengikuti program diet yang benar sehingga bisa memiliki tubuh yang proporsional dan sehat seperti yang kita dambakan. Inilah 12 mitos dan fakta mengenai diet yang wajib kita ketahui dan pahami akan kebenarannya.

1. Gemuk karena makan di malam hari.
Menurut Christine Rosenbloom, PhD, RD, CSSD., seorang ahli nutrisi yang berasal dari Goegia State University, mengatakan, kapanpun waktu kita makan dan mengkonsumsi kalori yang berlebihan dan tidak pernah olahraga, maka berat badan kita akan naik dengan pesat. Jadi pada intinya, makan malam boleh dilakukan oleh mereka yang memiliki aktifitas yang tinggi di malam hari.

2. Tidak mengkonsumsi Lemak
Bagi orang yang sehat dengan tidak mengkonsumsi lemak memang bisa membantu mengendalikan berat badan, namun bagi penderita jantung, diabetes, dan sindrom metabolic mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti salmon, pizza atau susu whole fat adalah suatu kewajiban karena dapat menggantikan karbohidrat yang masuk dalm tubuh.

3. Bebas lemak = bebas kalori
Sekarang memang banyak beredar aneka makanan bebas lemak, bebas lemak bukan berarti bebas kalori. Bila kita makan banyak makanan bebas lemak tapi melebihi batas kalori yang dibutuhkan maka tidak membantu progem diet kita. Kita bisa beralih makan buah-buahan sayuran yang mengandung rendah lemak dan mengandung kalori alami.

Tips diet cepat

4. Kenaikan berat badan karena karbohidrat.
Sebenarnya karbohidrat tidak membuat kita menjadi gemuk apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, begitu pula protein dan lemat.

Penelitian yang dilakukan oleh National Weight Control Restry menyebutkan ornag yang sukses menjaga berat badannya biasanya memilih makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah lemak, namun memperhatikan jumlah kalori dari makanan yang masuk. Dan orang yang mekakukan tips diet cepat dengan mengurangi asupan karbohidrat, makanan yang rendah kalori, dan rendah lemak malah akan cepat merasa lapar, dan terus terusan ingin makan.

5. Sirup jagung dapat membuat gemuk
Tahun 2003 merupakan awal munculnya mitos ini karena peningkatan orang yang obesitas dengan penggunaan sirup jagung fruktosa yang juga meningkat. Namun setelah diteliti lebih mendalam lagi oleh American Medical Associztion, sirup jagung fruktosa ternyata bukan faktor utama penyebab obesitas.

6. Yogurt bagus untuk diet.
Tidak semua yogurt bisa membantu mengurangi berat badan, yogurt yang dikonsumsi dengan eskrim atau yang ada tambahan gula atau buah manis akan berpotensi membuat kita tambah gendut. Yogurt sebagai pilihan makanan untuk diet juga harus diimbangi asupan makanan diet yang lain agar kalori bisa terpenuhi dan jangan lupa untuk selalu olahraga.

7. Susu tidak sehat dan menggemukkan.
Banyak sekali produk yang berasal dari susu, seperti susu itu sendiri, keju atau yogurt. Susu sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti sumber protein, zat besi dan aneka vitamin B. ada juga produk susu yang mengandung kalsium dan mineral yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Bagi yang sedang diet dan tidak ingin melewatkan manfaat dari susu, bisa mengkonsumsi susu rendah lemak.

8. Margarin lebih sehat dan rendah lemak bila dibandingkan mentega.
Mitos ini salah besar. Margarine dan mentega memiliki jumlah kalori yang sama, jadi keduanya adalah tips diet cepat yang termasuk mitos. Margarine dan mentega ternyata sama sama mengandung minyak sayur jenuh yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Namun bila anda suka mengkonsumsi mentega atau margarine sebaiknya memperhatikan kalori yang terkandung didalamnya, dan jangan pernah menyimpan mentega dalam lemari es.

9. Lebih baik gula daripada madu untuk berdiet.
Kandungan dari madu adalah 75% gula sederhana dan 25% air, ini yang menyebabkan madu memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan gula biasa. Kandungan flavonoid pada madu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Jadi untuk diet lebih baik kita mengkonsumsi gula biasa, namun bila ingin mengkonsumsi madu boleh saja asal tidak berlebihan.

10. Dagung merah mengandung lemak yang tinggi.
Daging merah memang mengandung lemak yang tinggi, tapi bukan berarti kita tidak boleh memakan daging merah, pasalnya daging merah ini mengandung lemak, terutama asam oleat yang tak jenuh yang bagus untuk menjaga vitalitas jantung. Namun jangan mengkonsumsi daging merah secara berlebihan, cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori saja, dan pilihlah potongan daging merah yang ramping tanpa lemak, serta dimasak dengan cara dipanggang.

11. Tidak makan sebelum berolahraga.
Ini benar benar mitos, berolahraga itu termasuk aktifitas yang berat, jadi sebaiknya melakukan olahraga dalam keadaan perut terisi. Hal yang membuat merasa ingin makan dan makan terus hanyalah berasal dari pikiran kita saja. Asal kita memiliki pikiran kalori konsumsi cukup maka kita tidak akan merasa lapar lagi. Yang paling penting adalah melakukan olahraga ketika tubuh sedang fit.

12. Diet vegetarian dapat mempercepat menurunkan berat badan.
Sama halnya dengan diet biasa, diet vegetarian bisa jadi memiliki asupan kalori yang rendah, sedikit lemak namun lebih banyak serat. Diet vegetarian ini memang bagus namun bila tidak disiapkan dengan baik bisa jadi malah memiliki jumlah lemak tinggi dan asupan kalori yang berlebih dibandingkan diet biasa.

Demikian tadi mitos dan fakta seputar diet. Dari sekian fakta dan mitos diet tersebut yang fakta adalah asupan kalori tiap hari, diet yang benar adalah dengan memperhatikan asupan kalori yang kita butuhkan berdasarkan tingkat aktifitas dan rutinitas kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti makanan yang tinggi serat, minum susu yang rendah lemak, serta mengkonsumsi makanan rendah lemak seperti telur, kedelai dan kacang. Dan mengurangi makanan yang anis dan berlemak tinggi. Semoga tips diet cepat antara mitos dan fakta dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement
Tips Diet Cepat Antara Fakta Dan Mitos | dewi srikandi | 4.5