Tanda Tanda Diabetes Kenali Sejak Dini

Advertisement

Sebelum kita mengetahui tanda-tanda diabetes lebih bijak jika mengetahui terlebih dahulu mengenai diabetes itu sendiri. Diabetes adalah suatu penyakit yang kadar gula didalam darah tinggi, tau disebut dengan kencing manis. Diabetes bukan penyakit menular, tetapi penyakit karena gangguan produksi hormon insulin. Penyakit ini dikategorikan menjadi 2 tipe yaitu :

  1. Tipe 1

Diabetes tipe ini, tubuh penderita tidak dapat memproduksi insulin karena ada kerusakan sel penghasil insulin. Sehingga pengobatannya hanya dengan penyuntikan insulin rutin setiap hari agar kadar gula dalam darah dapat dikendalikan. Diabetes tipe 1 ini dapat terjadi pada anak-anak dan remaja, dan biasanya karena faktor genetik.

  1. Tipe 2.

Diabetes tipe ini tubuh penderita dapat memproduksi insulin, tetapi sel-sel ditubuhnya tidak mampu merespon insulin dengan normal. Diabetes tipe 2 ini biasanya karena faktor kegemukan, obesitas dan gaya hidup. Biasaya tipe 2 ini mulai terkena pada usia diatas 35  tahun.

Tanda Tanda Diabetes Kenali Sejak Dini

Tanda Tanda Diabetes Kenali Sejak Dini

Seseorang dinyatakan mengidap kencing manis bila kadar gula dalam darah :

Vena Kapiler (sampel sedikit dijari)
Acak / Tidak Puasa ≥ 200 ≥ 200
Puasa ≥ 126 ≥ 110

Gejala awal kencing manis adalah “3 banyak”, yaitu

  1. Banyak minum. Penderita akan merasa haus yang berlebihan, kadang kala merasa kering disekitar dalam mulut. Namun banyak minum belum tentu terkena diabet, tergantung dari aktivitas dan cuaca yang membuat seseorang mudah merasa haus.
  2. Banyak kencing. Banyak minum memang membuat banyak buang air kecil,namun ini kondisinya berbeda, lebih sering buang air kecil dari biasanya dan volume air kencing yang tidak normal. Terlebih lagi saat malam hari.
  3. Banyak makan. Hal ini disebabkan kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke dalam sel, sehingga otot dan organ lain melemah dan tubuh menjadi lemas, sel otakpun merespon bahwa tubuh butuh makanan untuk meningkatkan energi sengan mengirimkan sinyal lapar.

Gejala lanjutan dari penyakit diabetes yaitu:

  1. Penurunan berat badan yang sangat drastis dalam kurun waktu 2-4 minggu. Penyusutan berat badan hingga 5%, atau sekitar 5-10kg. Yang patut dicurigai adalah nafsu makan meningkat namun berat badan bisa turun drastis.
  2. Merasa mudah letih tanpa tau penyebabnya.
  3. Daya tangkap dan konsentrasi juga menurun.
  4. Sering merasa gatal dan peradangan pada kulit.
  5. Kesemutan pada tangan dan kaki.
  6. Jika ada luka/borok yang tidak sembuh-sembuh dan sering kali terjadi infeksi.
  7. Mudah megantuk.
  8. Penglihatan kabur. Hal ini karena gula darah yang sangat tinggi akan berusaha mengambil cairan tubuh, termasuk ciran dalam lensa. Bila hal ni dibiarkan saja bisa menimbulkan kebutaan.
  9. Gigi mudah goyang dan lepas.
  10. Serin gatal disekitar kemaluan, tapi ini khusus pada wanita.
  11. Warna kulit gelap, biasanya terdapat disekitar area ketiak dan leher, hal ini menunjukkan gangguan insulin.
  12. Ibu hamil yang sering keguguran

 

Seseorang yang sudah didiagnosa kena diabetes harus dan wajib mengontrol kadar gula dalam darah. Dan cara yang palig efektif untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah agar tetapnormal adalah dengan diet dan pola makan yang sehat. Makanan apa, berapa banyak dan kapan seseorang yang telah memiliki tanda-tanda diabetes untuk makan berpengaruh signifikan dalam mengendalikan kadar gula.  Oleh sebab itu sangat penting bagi seseorang yang terkena diabetes untuk tahu makanan apa yang baik untuk dikonsumsi dan makanan apa yang wajib untuk dihindari.

Berikut ini adalah beberapa aturan dasar diet untuk mengontrol kadar gula dalam darah :

  1. Makan 3x sehari, dan 2x snack atau camilan diantaranya.
  2. Jangan telat makan, dan selalu sarapan dipagi hari.
  3. Memakan makanan dan camilan diwaktu yang sama setiap harinya, secara konsisten. Begitu juga dengan meminum obat-obatan yang diresepkan oleh dokter anda.
  4. Pastikan jumlah asupan karbohidrat selalu sama setiap harinya.
  5. Selalu berhati-hati dalam memilih makanan, dan memeriksa efek gula dalam darahnya dengan membandingkan sebelum dan sesudah makan.

Sebenarnya tidak ada makanan atau diet yang khusus bagi penderita diabetes, secara umum sama dengan pola makan yang disarankan untuk semua orang, misalnya yang mengandung nutrisi tinggi, rendah lemak dan rendah kalori/mengandung kalori secukupnya.

 

Yang perlu diperhatikan oleh seseorang yang menderita diabetes tidak hanya gula saja, namun juga harus memperhatikan karbohidrat yang dikonsumsi. Begitu juga dengan makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus dihindari. Beberapa penelitian juga menyebutkan beberapa buah dan sayur yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Berikut ini daftar jenis makanan yang perlu dihindari bagi penderita kencing manis :

  1. Makanan yang banyak mengandung gula.

Makanan jenis ini adalah musuh nomer satu bagi penderita diabetes. Contoh jenis makanan ini adalah gula putih (gula pasir), donat, es krim, coklat, dan makanan yang mengandung  pemanis buatan. Alternatif gula bisa menggunakan glukosa untuk diabet, namun jumlah konsumsinya tetap dibatasi. Sekarang ini juga sudah banyak yang menjual makanan untuk penderita diabetes sehingga memudahkan untuk penderita memilih makanan yang tepat, sekali lagi, meski diperuntukkan untuk penderita diabetes, konsumsi makanan ini juga tetap harus dibatasi.

  1. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
Tanda Tanda Diabetes Kenali Sejak Dini

Makanan Yang Dihindari Penderita Diabetes

Kadar gula yang tinggi dalam darah juga menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh meningkat, sehingga penderita kencing manis juga memiliki resiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, misalnya saja penyakit jantung. Oleh sebab itu makanan yang mengandung kolestero tinggi sebaiknya dihindari atau dibatasi dengan bijak. Contoh makanan yang berkolesterol tinggi adalah kuning telur, susu dengan tinggi lemak, unggas, udang, keju, daging merah, dan lain sebagainya.

  1. Jus Buah.

Menurut beberapa penelitian meminum segelas jus buah setiap hari dengan rutin dapat meningkatkan resiko diabetes. Untuk penderita diabetes memang disarankan untuk mengkonsumsi buah secara langsung daripada menyajikannya dalam bentuk jus, karena mengkonsumsinya langsung dapat memberikan serat dan fiber yangsangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Beberapa jenis buah dan sayur.

Meski buah dan sayur itu menyehatkan, tapi tidak semua menyehatkan untuk penderita diabetes. Buah-buahan dan sayuran yang harus dihindari oleh seseorang yang terkena diabetes adalah yang banyak mengandung kadar gula dan sukrosa, sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah yang signifikan. Contoh buah yang tidak baik yaitu mangga dan stroberi, sedangkan sayuran yang harus dihindari seperti kentang dan labu karena banyak mengandung pati.

Buah yang bagus dikonsumsi seperti apel, pir, dan raspberry yang mengandung banyak serat. Sedangkan untuk sayurannya bisa dipilih wortel ataupun kacang-kacangan

  1. Minuman berakohol.

Minuman yang mengandung alkohol sering kali dapat meningkatkan gula dalam darah. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak liver, yang akan mempersulit tubuh untuk mengontrol gula dalam darah.

  1. Goreng-gorengan

Cara memasak makanan untuk penderita diabetes yang paling dianjurkan adalah dengan direbus dan dikukus. Namun bila menginginkan makanan yang digoreng sebaiknya digoreng dengan menggunakan minyak yang aman untuk dibetes, yaitu minyak olive.

Selain jenis makanan yang dihindari diatas, beberapa jenis makanan ini sebaiknya juga dibatasi komsumsinya, antara lain makanan yang kaya akan sodium seperti kecap, garam, dan produk makanan dari bahan tepung seperti pasta, pizza, mie, dan lain sebagainya.

 

Diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, olahraga, kegemukan dan pola tidur. Untuk saat ini penderita kencing manis tiap tahun selalu mengalami peningkatan. Hingga sekarang penyakit ini masih belum bisa disembuhkan, namun dengan pola hidup sehat penyakit diabetes bisa dicegah. Segera periksakan ke dokter keluarga anda bila mendapati tanda-tanda diabetes diatas.

Advertisement
Tanda Tanda Diabetes Kenali Sejak Dini | dewi srikandi | 4.5