Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Tokcer

Advertisement

Tanaman pengusir nyamuk yang ada disekitar kita yang bisa juga dijadikan untuk tanaman hias. Ketika musim kemarau tiba, rumah semakin banyak di serbu oleh kawanan nyamuk. Selain mengganggu saat tidur, nyamuk juga menyebarkan berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

Mengusir nyamuk dengan bahan kimia bisa saja dilakukan, namun riskan dengan penyakit lain yang bisa ditimbulkan dari bahan kimia tersebut, apalagi bagi yang memiliki anak kecil dirumah. Oleh karena itu, untuk mengusir nyamuk kita bisa menggunakan beberapa tanaman berikut untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang dapat mengusir nyamuk ini selain aman untuk kesehatan, bisa juga digunakan untuk mempercantik rumah dan taman.

1. Lavender

Tanaman pengusir nyamuk

Lavender adalah tanaman cantik yang berasal dari pegunungan alpen Swiss. Tanaman yang memiliki bunga warna ungu ini memang sudah lama dikenal sebagai bahan baku pembuatan lotion anti-nyamuk. Nyamuk tidak suka dengan tanaman ini karena lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetat.

Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkan bunga lavender ke tubuh.

Tidak sebagai mengusir nyamuk, kandungan minyak atsiri yang ada pada bunga lavender ini sering dijadikan untuk aroma terapi. Tanaman ini bisa ditanam dipot, dan bisa diletakkan di kamar untuk mengusir nyamuk yang datang serta sebagai hiasan kamar.

2. Zodia

Tanaman Pengusir NyamukZodia adalah tanaman asli Papua dan tergolong dalam family Rutaceae. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine, sehingga nyamuk tidak mau mendekat. Masyarakat papua biasanya akan menggosokkan tubuhnya dengan Zodia ini untuk menghindari serangan serangga, dan tanaman ini bisa bertahan hanya selama 6 jam saja.

Cara menggunakan zodia sebagai anti-nyamuk adalah dengan meletakkan tanaman ini pada daerah masuknya angin kedalam ruangan, atau bisa juga diletakkan di kipas dekat kipas angina atau AC, sehingga bau zodia menyebar ke seluruh ruangan. Namun jangan meletakkan tanaman ini pada ruang yang sempit dan sirkulasi terbatas, karena aroma zodiac ini bisa membuat pusing.

3. Geranium (Pelargonium Hortorum)

Tanaman pengusir nyamukDi Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama tapak dara. Karena mengandung zat geraniol dan sitroneol tanaman ini ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini juga sudah banyak digunakan untuk lotion pengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan tanaman ini adalah sama dengan zodia, yaitu meletakkannya pada daeran masukknya angin, sehingga daun daun Geranium ini saling bergesekan, dan mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk.

Ada penetian yang menyebutkan bila ekstrak Geranium Radula dapat mengusir nyamuk Aedes Aegypti. Hanya dengan mengoleskan ekstrak tanaman ini maka nyamuk penyebab demam berdarah ini akan langsung kabur, dan yang membuat istimewa adalah ektrak geranium ini tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Rosemary

Tanaman Pengusir NyamukRosemary menghasilkan bau mirip dengan bau minyak telon yang sangat tidak disukai nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa tumbuh dengan baik dibawah sinar matahari. Namun bila diperlukan untuk mengusir nyamuk, tanaman ini bisa diletakkan di dekat jendela.

Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkan daun rosemary yang memiliki bentuk seperti jarum pada kulit.

5. Serai

Tanaman Pengusir NyamukSerai memang dikenal sebagai bumbu masak. Namun serai ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang tokcer. Zat geraniol dan sitroneal yang membuat tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Sekarang ini, tanaman yang merupakan jenis rumput-rumputan ini mulai banyak digunakan untuk lotion anti-nyamuk.

6. Citroso Mosquito

Tanaman Pengusir NyamukCItroso Mosquito merupakan tanaman dari negeri Kincir Angin. Tanaman ini memiliki aroma lemon yang kuat sehingga serangga tidak menyukai tanaman ini. Tanaman ini menyukai sinar matahari, dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk menanamnya.

7. Marygold (Bunga Tai Kodok)

Tanaman Pengusir Nyamuktanaman yang lebih dikenal dengan nama Bunga Tai Kodok ini banyak sekali ditemukan di Indonesia dengan bunga beraneka warna seperti kuning, merah, dan jingga. Bunga marygold memiliki bau yang tidak enak dan mampu membuat nyamuk untuk tidak mendekat. Meski baunya yang tidak wangi, namun bunga ini sangat indah, sehingga bisa juga digunakan untuk menghiasi salah satu sudut ruang dalam rumah.

8. Akar Wangi

Tanaman Pengusir NyamukAkar wangi bisa menghasilkan bau yang menyengat dan tidak disukai nyamuk, dan mampu membunuh nyamuk Aedes Aegypti. Ekstrak dari akar wangi sudah diuji kemampuannya dalam mengendalikan nyamuk Aedes Aegyti serta nyamuk Anopheles Aconitus. Tanam akar wangi ini, di pekarangan rumah dan rasakan manfaatnya, terutama sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Advertisement
Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Tokcer | dewi srikandi | 4.5