Persiapan Melahirkan Normal di Rumah

Advertisement

Persiapan melahirkan di rumah meliputi persiapan fisik dan mental. Memang tidak dianjurkan untuk melahirkan sendiri dirumah, karena akan meningkatkankan resiko kematian. Oleh karena itu kita tetap membutuhkan bidan untuk proses persalinan. Sekarang ini banyak pelayanan yang diberikan oleh bidan untuk persalinan dirumah, biasanya pelayanan ini dinamakan pelayanan home care, dimana bidan yang akan datang kerumah untuk membantu persalinan.

Persiapan fisik yang perlu disiapkan

  1. Rutin memeriksakan kehamilan ke dokter, pastikan kondisi ibu dan calon bayi benar benar baik untuk menjalani proses persalinan normal dirumah. Melahirkan dirumah tidak boleh dilakukan untuk kasus kehamilan yang memiliki resiko tinggi seperti ibu hamil yang menderita hypertensi, diabetes, pernah menjalani  operasi Caesar, preeklamasia, posisi bayi yang sungsang ataupun melintang pada usia kehamilan 37 minggu, untuk bumil kategori ini harus melahirkan dirumah sakit untuk mengurangi resiko.
  2. Rajin berolahraga seperti berenang, yoga, tai chi mengikuti kelas senam untuk ibu hamil atau yang lainnya. Menjalani olahraga ataupun aktifitas fisik akan membuat badan lebih bugar yang dapat membantu melancarkan persalinan
  3. Mengatur pola makan yang sehat dengan prinsip gizi yang seimbang. Selalu mengkomsumsi makanan yang masih segar, bersih, dan higienis.
  4. Latihan pernafasan sangat membantu ketika melahirkan, ibu memerlukan pengaturan ritme pernafasan dengan cepat. Latihan pernafasan dapat dilakukan dengan menarik nafas panjang melaui hidung, tarik nafas perlahan sambil menggembungkan perut, dada tidak mengembang, kemudian hembuskan nafas denagn lembut dan panjang dengan mengempiskan bagian perut.

Persiapan MelahirkanRitme pernafasan dapat dilakukan secara bertahap, untuk permulaan bisa menarik nafas perlahan selama lima hitungan kemudian mengeluarkannya secara perlahan pula selama delapan hitungan. Proses mengeluarkan nafas butuh waktu yang lebih panjang untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal di paru. Latihan ini dilakukan setiap hari dan panjang hitungan ditinggkatkan secara bertahap hingga hitunga 15-20. Persiapan melahirkan dengan melatih pernafasan, ketika terjadi kontraksi saat persalinan nafas ini yang nantinya akan menjaga pasokan oksigen di rahim mengalir dengan lancar sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan, mengurangi panic dan menghemat energi si ibu.

Persiapan mental yang diperlukan untuk menjalani persalinan dirumah :

  1. Sesering mungkin melakukan relaksasi hynobirthing. Hal ini akan membantu untuk tetap terkendali dan tenang selama persalinan.
  2. Selalu berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut. Dengan berdoa akan membuat lahiriyah dan batiniyah menjadi lebih tenang.
  3. Melakukan visualisasi, afirmasi dan sugesti yang positif.

Visualisasi adalah memberikan gambaran mental positif dalam pikiran. Contohnya membayangkan hal hal yang positif mengenai persalinan dirumah seperti persalinan sukses dan ibu dapat melihat bayi yang lucu.

Afirmasi adalah mengucapkan kalimat positif yang disusun lengkap dan spesifik menurut harapan yang diinginkan ibu.

Sugesti adalah mempengaruhi yang mampu menggerakkan hati dan pikiran seseorang. Dalam menyugesti gunakan kata kata yang postif dan hindari kata: Tidak, akan, kira-kira, jangan, bukan, mungkin.

4. Persiapan melahirkan yang selanjutnya adalah dengan menghilangkan trauma persalinan sebelumnya.

Bila ibu mengalami trauma ibu bisa melakukan beberapa teknik menghilangkan trauma seperti  melakukan hypnobirthing, selfhypnosis dan teknik lainnya dengan bantuan para ahli. Selain itu healing juga bisa dilakukan sendiri dengan menulis. Ibu juga bisa aktif membaca buku, majalah, tabloid ataupun mencari informasi dari sumber lain seputar kelahiran dirumah.

Persiapan melahirkan

Hal  lain bisa dilakukan dengan bergabung dalam komunitas, forum, ataupun milis yang membahas tentang melahirkan secara normal dirumah. Bisa juga dengan mengikuti kelas ataupun seminar yang membahas persiapan melahirkan dirumah.

Memutuskan melahirkan dirumah memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak, jadi persiapkan dengan teliti, terutama persiapan mental. Ungkapan semua kekhawatiran dan ketakutan menghadapi persalinan dalam bentuk tulisan ataupun mensharingkan kepada pasangan, orang tua, atau kepada ibu ibu yang sudah pengalaman melahirkan dirumah. Perlu ketelitian yang ekstra untuk persiapan melahirkan dirumah agar ibu dan bayi selamat dan sehat selama proses persalinan.

Advertisement
Persiapan Melahirkan Normal di Rumah | dewi srikandi | 4.5