Manfaat Yoga Untuk Kesuburan Wanita

Advertisement

Manfaat yoga untuk kesuburan wanita sudah lama diketahui oleh para pecinta meditasi dan latihan pernafasan yang berasal dari negara India ini. Yoga diyakini dapat menambah flesibilitas serta kekuatan inti tubuh. Ada seorang instruktur yoga yang besaral dari Florida Amerika Serikat yang menyakini bila olah raga yoga dapat membantu wanita untuk segera hamil.

Fertility yoga atau bahasa indonesianya yoga kesuburan saat ini sedang dikembangkan oleh seorang perawat sekaligus instruktur yoga tersertifikasi yaitu Sherry Longbotton.

Hal utama dari yoga kesuburan ini adalah menitikkan pada gerakan-gerakan yoga yang tidak terlalu bertumpu pada tubuh. Untuk yoga kesuburan ini Longbottom banyak mengajarkan gerakan yoga yang sederhana dan simple namun dapat menberikan efek relaks yang luar biasa. Wanita yang sedang menjalani terapi kesuburan, sangat membutuhkan keadaan relaks agar terapi yang dijalaninya dapat berjalan dengan baik.

Longbottom juga mengatakan bila, yoga dibutuhkan oleh wanita yang ingin segera hamil, agar para calon bumil ini merasa rileks dan tenang sehingga pembuhaan dapat berjalan dengan lancar. Meski metode bayi tabung dan IVF ataupun terapi hormon sudah banyak yang sukses menjalaninya, namun manfaat yoga ini memiliki andil yang sangat besar untuk terapi kesuburan wanita, dengan yoga peredaran darah ke area panggul jadi lebih lancar, sehingga proses pembuahan juga bisa berjalan dengan baik.

Longbotton menjelaskan, dengan rutinitas wanita dijaman sekarang ini membuat tingkat stres pada wanita meningkat. Kondisi inilah yang membuat tubuh wanita tidak subur.

Manfaat Yoga Untuk Kesuburan Wanita

Reproductive Medicine Group yang berlokasi di Tampa negara Florida, sudah banyak merekomdasikan para calon bumil untuk melakukan terpi tambahan yoga kesuburan dengan dibimbing langsung oleh Longbottom, sehingga stres menghadapi terapi utama kesuburan dapat diminimalkan dan memberikan hasil terapi kesuburan yang maksimal.

Longbottom memaparkan bila separuh dari peserta kelas yoganya adalah wanita yang sedang menjalani terapi untuk kesuburan, sedangkan separuhnya lagi untuk tujuan yang lainnya.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan seorang dokter bernama Dr. Besty McCormick yang berasal dari Reproductive Medicine Group. Pernyataan beliau seperti yang ditulis di ABCNews, manfaat yoga kesuburan bukan untuk memperbaiki secara langsung masalah rahim dan sel telur. Namun yoga sangat bisa membantu seorng wanita yang sedang menjalani terapi kehamilan.

Direktur bagian infertility & in-vitro fertilization di University Hospital Cleeland, Dr. James Goldfarb, pengijinkan para pasiennya untuk mencoba mengikuti pengobatan alternative seperti yoga atau akupuntur, selama mereka merasa lebih baik dan nyaman setelah melakukan terapi tersebut.

Dr. James Goldfarb mengatakan kepada seluruh pasiennya untuk mencoba terapi alternative lainnya untuk membuat diri sendiri merasa rileks, karena itu yang paling penting.

Sudah banyak studi yang memastikan bila wanita yang sedang mengikuti progam kesuburan semisal bayi tabung atau yang lainnya, pasti cenderung mengalami stres dan gelisah yang sangat luar biasa, hal ini diperkuat dengan pengakuan dari sejumlah pasien Dr. Goldfarb.

Kita semua tau dan sudah banyak melihat bila program bayi tabung telah banyak membantu para wanita untuk dapat mengandung. Namun ada baiknya untuk mencoba alternative untuk menunjang program kehamilan yang sedang dilakukan, seperti yoga atau akupuntur. Rasa rileks dan tidak ada lagi rasa gelisah dalam menjalani terapi kesuburan bisa didapatkan dari manfaat yoga kesuburan.

Advertisement
Manfaat Yoga Untuk Kesuburan Wanita | dewi srikandi | 4.5