Manfaat Minum Air Putih Yang Jarang Di Ketahui

Advertisement

Manfaat minum air putih memang sudah banyak orang yang mengetahuinya, namun hanya sedikit yang tahu bila saat ini air putih terus diteliti tentang manfaat manfaat yang lainnya. Selain untuk menghilangkan rasa dahaga, air putih dapat membantu proses metabolisme pada tubuh, selain itu air putih juga membuat kita merasa kenyang sehingga dapat mengontrol pola makan kita, dan air putih juga untuk menjaga kosentrasi kita.

Air adalah komponen paling penting dalam tubuh manusia, hampir semua sel memerlukan air untuk bisa melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. 55 hingga 80% tubuh manusia adalah air, dan air dalam tubuh bisa hilang dengan hal tak terduga , seperti istirahat dan bernafas. Oleh karena itu setiap orang seharusnya tau berapa banyak air puth yang harus dikonsumsi agar tidak mengalami dehidrasi atau berlebihan.

Berikut ini adalah 7 manfaat mengomsumsi air putih secara rutin yang sebagian besar masyarakat tidak mengetahuinya:

1. Minum air putih untuk kesehatan jantung.
Orang yang memiliki kebiasaan minum air putih minimal 5 gelas sehari, kemungkinan untuk meninggal karena serangan jantung mendadak menjadi turun 41% bila dibandingkan dengan orang yang hanya minum air putih kurang dari 2 gelas setiap harinya, hal ini dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology yang telah melakukan studi kurang lebih selama enam tahun. Dalam jurnal tersebut selain untuk kesehatan jantung, manfaat minum air putih juga dapat mengurangi resiko menderita kanker. Tubuh yang tidak kekurangan cairan dapat menurunkan angka resiko terkena kanker hingga 45%, kanker kandung kemih hingga 50%, serta mengurangi kemunkinan terkena kanker payudara.

2. Minum air putih untuk mencegah sakit kepala.
Yang pernah mengalami migrain pasti masih ingat rasa sakitnya yang amat sangat menyiksa, dan tak ingin sakit migrain lagi. Sebuah penelitian yang dilakukan ahli kesehatan dari University of Masstricht, Belanda, meminum air putih sebanyak 7 gelas dalam sehari dapat meredakan sakit kepala, dan menaikkan kualitas hidup bagi penderita migrain. Pada percobaan yang dilakukan, penderita migrain yang minum air putih sebanyak 1,5 liter, sakit kepala yang dialaminya berkurang 21 jam, serta intensitas dari rasa sakitnya. Dari penjelasan tersebut maka penderita migrain, sebaiknya untuk pertolongan pertama minum air putih dulu sebanyaknya, baru kemudian meminum obat anti nyeri.

Manfaat minum air putih

 

3. Minum air putih untuk mencegah penyakit kritis.
Air dapat mengurangi radikal dan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak akan membuat kita sering kekamar kecil namun akan membuat usus besar dan kandung kemih tetap sehat. Seperti yang telah dijelaskan pada nomor 1, dengan meminum air putih dapat mengurangi resiko kanker usus dan kanker kendung kemih. Air juga dapat mengurangi jumlah garam pada tubuh, sehingga bisa menstabilkan tekanan darah agar tidak terjadi hipertensi yang menjadi cikal bakal serangan jantung dan stroke. Salah satu konstituen dari tulang rawan adalah air, maka dengan banyak meminum air putih maka gesekan di sekitar sendi berkurang dan terhindar dari penyakit arthritis.

4. Minum air putih untuk program diet.
Sudah menjadi rahasia bagi yang menjalankan program penurunan berat badan tentang Manfaat minum air putih sebelum makan akan membuat kita merasa kenyang sehingga membuat porsi makan berkurang. Selain itu meminum air putih yang cukup dapat mempercepat metabolism tubuh, sehingga dapat membakar kalori lebih banyak lagi. Sebuah penelitian menunjukkan minum air putih 2 gelas sebelum makan dapat membantu membakar kalori 30% lebih cepat.

5. Minum air putih untuk mencegah gigi berlubang.
Kerusakan gigi biasanya diawali dari timbunan asam yang mengkikis enamel. Asam ini dapat dinetralkan dengan air liur dan air yang mengandung mineral khusus untuk memperbaiki gigi. Selama jumlah air dalam tubuh dapat terjaga, tubuh akan terus memproduksi air liur untuk menjaga gigi dan mencegah gigi berlubang.

6. Minum air putih untuk mempertajam otak
Menurut sebuah penelitian, tubuh yang mengalami dehidrasi sebanyak 1% saja dari berat tubuh sudah dapat mengurangi daya berfikir. Otak memerlukan banyak oksigen untuk dapat berfungsi secara optimal. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak maka kita telah memenuhi kebutuhan otak kita. Ada sumber mengatakan dengan meminum air putih 8 – 10 gelas setiap harinya dapat meningkatkan performa kognitif sebanyak 30%.

7. Minum air putih untuk lebih Waspada.
Dehidrasi adalah faktor utama yang membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari. Bila rasa letih pada siang hari, dan ada rasa yang kuat untuk tidur siang, cobalah minumlah segelas air putih, pasti rasa kantuk akan segera hilang. Dengan meminum air putih yang cukup membuat kita bekerja lebih baik, minimal dapat membantu untuk berkosentrasi. Perlu diketahui, dehidrasi sebesar 2% dari tubuh dapat memicu masalah pada memori dalam jangka pendek, dan juga susah untuk fokus dengan yang dikerjakan.

Kita akan kehilangan 2 hingga 3 gelas air sehari melalui pernafasan yang teratur, dan 1 gelas air melalui keringat, bila dengan jumlah air yang keluar dari tubuh kita karena saat beraktifitas sehari hari, maka ditafsirkan tubuh membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Oleh sebab itu, selalu usahakan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan selalu menhkonsumsi air putih yang cukup agar dapat merasakan sejuta manfaat minum air putih.

Advertisement
Manfaat Minum Air Putih Yang Jarang Di Ketahui | dewi srikandi | 4.5