Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email terbaru

Advertisement

Contoh surat lamaran kerja via email  terbaru. Dijaman serba komputerisasi sekarang ini, sudah banyak perusahaan yang menginginkan lamaran kerja yang diajukan pelamar dikirim via email. Hal ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, bagi pelamar tidak perlu repot lagi harus pergi ke kantor pos sedangkan untuk perusahaan sendiri mengurangi tumpukan kertas lamaran kerja, dan meringankan untuk pengarsipan.

Sebenarnya isi dari lamaran kerja via email ini sama saja dengan isi surat lamaran biasa. Yang membedakan hanyalah cara pengiriman saja, oleh karena itu aturan aturan penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar tetaplah harus di ikuti dan dipatuhi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengirim surat lamaran kerja via email:

 

1)      Subjek atau judul pada email

Subjek atau judul pada email haruslah mudah di pahami dan dimengerti oleh perusahaan penerima email, maka dari itu subjek wajib singkat, padat dan jelas. Misalnya subjek dapat ditulis “Lamaran untuk Posisi Medical Representative Kode MR”. Yang perlu dicermati adalah permintaan dari iklan lowongan kerja tersebut terutama perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk beberapa jabatan yang berbeda.

2)      Letak surat lamaran dan riwayat hidup

Pasti banyak sekali diantara kita yang bingung meletakkan surat lamaran kerja dan riwat hidup yang dikirim lewat email, haruskah di buat file semua sehingga nanti dikirim dalam bentuk lampiran ataukah harus ditulis dalam badan email. Perusahaan skala nasional ataupun multinastional ternyata sudah memiliki kualifikasi umum untuk menuliskan surat lamaran kerja pada badan email, sedangkan untuk penulisan riwat hidup pada file tersendiri dalam bentuk lampiran file. Biasanya perusahaan sudah menyebutkan jenis file yang boleh dikirimkan, dan kebanyakan perusahaan meminta lampiran file MS Word, meski ada juga yang meminta lampiran dalam format PDF, xls ataupun txt.

COntoh Surat Lamaran Kerja Via Email

3)      Ukuran atau size emai

Sebaiknya ukuran email yang akan dikirimkan tidak melebihi 300kb, termasuk ukuran file yang dilampirkan. Jika diminta untuk menyertakan foto, pilihlah foto dengan size yang kecil, atau dapat mengedit foto untuk memperkecil size foto dengan mengunakan program photo editor. Cek kembali ukuran file lampiran yang akan disertakan nanti, jangan sampai ukuran file melebihi dari yang sudah ditetapkan.

4)      Lampiran File yang ringan akan diperhatikan

Tentu kita tidak menginginkan surat lamaran kerja yang susah payah kita buat dan kita kirim diacuhkan karena file kita yang terlalu besar sehingga membutuhkan waktu lebi h  untuk mendownloadnya, oleh karena itu buatlah lampiran file dengan ukuran yang kecil namun lampiran tetap lengkap.

5)      Format file lampiran dalam bentuk ZIP

Bila file lampiran yang akan digunakan ternyata sangat besar, size file bisa diubah dalam bentuk ZIP. Zip tidak akan mengurangi file yang akan dikirimkan, ZIP ini memampatkan ukuran file sehingga lebih ringan, selain itu kelebihan memformat lampiran dalam bentuk ZIP adalah membuat lampiran cuma terdiri satu file sehingga mempurmudah perusahaan untuk pengarsipan ataupun menyortir file para pelamar pekerjaan

6)      Test pengiriman Email

Setelah diteliti lagi surat lamaran dan file file kampirannya, perlu di uji coba kirim email ke email kita yang lain, setelah itu di unduh juga filenya, jika ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan dulu, bila sudah ok surat lamaran kerja via email dapat dikirim

Setelah kita mengetahui tips membuat surat lamaran kerja via email, sekarang dewisrikandi lampirkan juga contoh surat lamaran kerja via email untuk mempermudah memahami tips diatas.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Semoga artikel ini dapat membantu yang sedang mencari contoh surat lamaran kerja via email.

Advertisement
Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email terbaru | dewi srikandi | 4.5