55wp-html

Berbagi untuk menjadi wanita cantik, cerdas dan tangguh

Ciri-Ciri Anak Autis, Kenali Sejak Dini

Ciri-ciri anak autis bisa diketahui sejak dini. Dengan era yang serba modern sekarang ini, banyak sekali anak kecil yang mengidap autism. Hal ini yang membuat para orang tua menjadi khawatir dan cemas bila autis menimpa pada putra putri mereka, sehingga mereka berusaha untuk mencari tahu apa itu autis dan apa penyebabnya.

Autisme ialah suatu keadaan pada seseorang sejak lahir atau masa balita, yang tidak dapat membangun suatu hubungan sosial atau berkomunikasi dengan orang lain secara normal. Oleh karena itu membuat dirinya terisolasi dari orang lain, dan melakukan yang terus berulang ulang.

Autisme bukan sebuah penyakit, namun merupakan suatu ganguan psikologis. Gejala autis biasanya mulai terlihat sejak lahir tau bisa juga ketika masih balita, pada umumnya akan nampak sebelum anak mencapai usia 3 tahun.

Ciri autis pada anak dapat dilihat dari 3 faktor yaitu dilihat dari perilaku, interaksi dan komunikasi. Di bawah ini kita akan membahas satu persatu.

A. Perilaku
Perilaku adalah bagaimana sikap dan tingkah laku dari anak penderita autis. Perilaku anak autis ditunjukkan :
Ciri Ciri Anak Autis1. Sebagian banyak dari ciri-ciri anak autis, mereka lebih banyak pendiam. Kadang kala ada juga yang hiperaktif. Terkadang mereka tertawa atau menangis bahkan marah tanpa tau alasanya.
2. Sulit fokus terhadap sesuatu, baik itu benda atau perkataan orang, hal ini yang membuat mereka sulit untuk memahami makna dari suatu hal.
3. Mereka akan melakukan gerakan tertentu dengan terus menerus, dan selalu diulang sehingga menjadi suatu kebiasaan.
4. Para ahli menilai bila anak autis kurang kreatis, dan kurang bisa mengembangkan daya imajinasinya. Mereka akan bermain semua permainan dengan cara yang sama.

B. Interaksi
Anak pengidap autis biasanya kurang bisa bergaul dengan orang lain termasuk dengan teman seumurannya. Mereka biasanya kurang peka terhadap perasaan orang lain. 4 perilaku diatas pula yang menyebabkan rendahnya sosialisasi anak autis. Biasanya anak yang menderita autis akan merasa nyaman jika bermain sendiri tanpa melibatkan orang lain ikut didalamnya.

C. Komunikasi
Para penderita autis susah untuk berkomunikasi, kalau masih balita biasanya ditunjukkan dengan keterlambatan berbicara padahal umurnya sudah waktunya berbicara. Ketika mulai mampu berkata sering kali kata-kata yang diucapkannya tidak jelas. Terkadang mereka sering berbicara tanpa ada temanya.

Dulu autism diduga karena faktor genetik saja, namun sekaran para ilmuwan menyatakan bila autisme bisa disebabkan karena berbagai faktor. Bila ciri-ciri anak autis bisa dilihat dari 3 fartor maka penyebab utisme dapat disebabkan karena faktor genetik, pestisida, obat-obatan, usia orang tua, perkembangan otak serta faktor lingkungan.

Bagi orang tua yang memiliki anak pengidap autis tidak usah gelisah, karena dengan terapi dan penanganan yang tepat anak autis pun juga dapat berkembang dan menjadi sosok yang mandiri. Berikut ini adalah beberapa contoh orang-orang yang terkenal di dunia yang juga mengidap autisme.
1. Daniel Tammet, pria kelahiran 31 Januari 1979 mulai dikenal dunia sejak menulis buku yang berjudul ‘Born On A Blue Day’ pada tahun 2006. Buku tersebut terjual lebih dari setengah juta ekslempar di seluruh dunia.
2. Matt Savage adalah remaja kelahiran 1992 yang dikenal sebagai pianis jazz professional, diusianya yang masih remaja dia sudah bermain music di seluruh dunia.
3. Satoshi Tajiri, pria asal jepang kelahiran 28 agustus 1965 ini adalah seorang pengidap autisme yang mampu menciptakan video game yang paling popular di dunia, yaitu game freak, ink. Dan sekarang ini penjadi pengusaha nitendo yang memiliki kreativitas diatas rata-rata.
4. Dawn Prince-Hughes ahli primata dan etnolog yang memiliki gelar PhD di bidang antropologi primata. Dia juga seorang direktur eksekutif Institute for Cognitive Archaelogical Research.

Autisme pada anak harus dikenali sejak awal, mulai dari perilaku anak juga memperhatikan faktor penyebab autis tersebut. Sehingga orang tua yang merasa buah hatinya mengidap autis dapat memberikan menangana yang baik, apalagi sekarang ini sudah banyak terapi autis di Indonesia. Dengan penangan yang baik, anak-anak autis juga berkesempatan menjadi orang yang mandiri dan terkenal didunia. Jadi segera periksakan segera anak anda bila menunjukkan ciri-ciri anak autis diatas.

Mari berbagi artikel ini dengan menekan tombal suka dan tweet agar teman teman yang di google+, facebook. twitter juga menegtahui artikel ini. Berbagi itu indah :)

Tags: , , , , ,

3 Responses to “Ciri-Ciri Anak Autis, Kenali Sejak Dini”

  • Isk… betul ke nie ??? apa pon tahniah atas info ni.
    . saya hargai penulisan awak.

  • adit says:

    Lanjut terussssss

  • danni says:

    Pusat Terapi & Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat melayani deteksi dini tumbuh kembang anak, dan layanan terapi terpadu bagi anak Autism, ADD, ADHD, specch delay, cerebal palsy, slow learner dengan terapi komunikasi, sensori integrasi, fisioterapi & terapi perilaku. hubungi di 0274 8267882 atau buka web di pttkarumahsahabat.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

https://www.facebook.com/pusatmukenacantik

https://http://tasdianhendra.blogspot.com/

Teman Dewi Srikandi