Cara Mengatur Keuangan Bersama Suami

Advertisement

Cara mengatur keuangan keluarga bersama suami tercinta. Merencanakan keuangan, pengaturan anggaran serta serta rencana masa seharusnya dibicarakan bersama suami. Maksudnya disini benar benar dibicarakan, mau beli apa, ditabung berapa, dan tagihan tagihan yang harus dibayar, atau selama ini yang terjadi, suami sebagai pemberi uang dan anda yang mengaturnya, tanpa ada komunikasi uang itu akan dibuat apa saja.

Sebenarnya masalah keuangan itu salah satu masalah yang dapat menciptakan konflik yang besar. Bukan masalah uang tidak cukup saja, bisa memenuhi kebutuhan pun juga bisa jadi masalah. Sudah jadi masalah yang umum jika suami curiga istrinya boros dan istri juga curiga suami banyak membantu keluarganya, ini karena dampak tidak keterbukaan akan masalah keuangan. Jika masalah ini terus saja dipendam bisa menimbulkan masalah yang baru.

Mempunyai visi yang sama tentang keuangan dan saling terbuka mengenai keuangan akan membuat rumah tangga menjadi harmonis. berikut cara mengatur keuangan bersama suami.

1. Menyediakan Waktu.
Biasanya setiap pasangan akan akan berbicara masalah keuangan ketika akan memasukkan anak ke sekolah, membayar uang pangkal, tagihan, atau saat uang sudah tidak cukup lagi untuk sehari-hari. Jadi mulai saat ini hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuat kesepakatan bersama tentang keuangan. Pembicaraan ini bukan untuk dijadikan ajang perdebatan, katakan ini adalah pembicaraan untuk mencapai tujuan perbaikan dan masa depan yang lebih baik lagi.

2. Mendengarkan
Cara Mengatur KeuanganAda kemungkinan setiap pasangan diam-diam memiliki perasaan yang tidak adil, misalnya saja perasaan istri seenaknya saja menghabiskan uang untuk belanja baju dan sepatu, sementara suami harus berhemat untuk biaya renovasi rumah, dan sebaliknya ketika istri sedang berhemat untuk membeli lemari baru, suami malah membeli gadget terbaru. Dan perasaan seperti ini bisa jadi muncul ketika pembicaraan berdua, supaya tidak berujung pertengkaran, dan berikut cara mengatur keuangan yang harus disepakati bersama suami :

* Sebelum berbicara, masing masing sebaiknya membuat daftar apa saja yang harus disampaikan kepada pasangan.
* Ketika membicarakan keuangan ssebaiknya saling berhadapan, tanpa ada yang menghalangi. Ketika berbicara bertukar peranlah, satu menjadi pembicara dan yang satunya sebagai pendengar.
* Pembicaraan harus dimulai dari kata “saya”, dan menghindari kata “kamu” agar tidak menjadi pembicaraan yang saling menyalahkan dan menghakimi. Pembicaraan harus berfokus pada fakta, bukan pendapat diri sendiri, apalagi pendapat orang lain.
* Saat menjadi pendengar, jangan memotong pembicaraan untuk membela diri, masing masing harus mencerminkan kembali apa yang dikatakan oleh pembicara.
* Bertukar peran sebagai pembicara dan pendengar bertujuan untuk saling mengerti kekwatiran pasangan.
* Bila pembicaraan mulai memanas, sebaiknya istirahat dulu, dan 20 menit kemudian coba kembalikan pembicaraan yang berdasarkan fakta dan perasaan.

3. Membentuk Tim
Sekarang semuanya sudah jelas dan masing masing sudah tau kekhawatiran keduanya.

Setelah semuanya jelas, langkah berikutnya, dalam beberapa hari kedepan, masing-masing membuat daftar mengenai hal-hal yang mau ditingkatkan, setelah itu pilihlah yang paling utama dari daftar anda dan suami, misalnya saja membeli rumah, atau dana pension. Jadilah tim yang baik, ketika prioritas utama yang disepakati ternyata bukan prioritas utama anda maka harus legowo, begitu juga dengan suami. Dan rumah tangga yang harmonispun menjadi kenyataan karena cara mengatur keuangan bersama suami.

Advertisement
Cara Mengatur Keuangan Bersama Suami | dewi srikandi | 4.5